Sejarah

Batalyon Kavaleri 11/Serbu Kodam Iskandar Muda adalah sebuah pasukan kavaleri Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang berkedudukan di Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Asrama baru bagi 650 prajurit TNI dari Yonkav 11/Serbu telah dibuat dan diresmikan oleh Pangdam Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Supiadin A. S. pada tanggal 23 Agustus 2007 di Gampong Teurebeh, Kecamatan Jantho, Kabupaten Aceh Besar. Perwira yang diberi kepercayaan untuk melaksanakan pembentukan Batalyon Kavaleri pertama pada bulan Mei 2006 di wilayah Kodam Iskandar Muda adalah Letkol Kav. Bambang Lisdianto, Alumni Akmil tahun 1989.

Tugas dan tanggung jawab strategis batalyon ini adalah melaksanakan PAM VVIP dan VIP serta mengamankan obyek vital nasional di Aceh. Diperkuat dengan kendaraan lapis baja sebagai alutsista, guna mendukung pencapaian tugas pokok Kodam Iskandar Muda yang salah satunya adalah pengamanan wilayah dan kedaulatan NKRI di provinsi Aceh.

Pada rumah diresmikan, selain ditempati 650 prajurit, sejumlah alat perang berupa tank dan panser juga ditempatkan di markas baru tersebut. Sebelumnya, pasukan Batalyon Kavaleri 11/Serbu ini bermarkas di sekitar Gedung Olah Raga (GOR), kawasan Pante Pirak, Kota Banda Aceh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s